Nazaruddin Masih Diburu di Argentina

Muhammad Nazaruddin. Metro TV

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Argentina menyatakan keberadaan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, di negeri itu masih dicari. “Kami gerak cepat menghubungi agen Interpol untuk koordinasi. Tapi sampai sekarang mereka katakan masih dicari keberadaannya,” ujar Sekretaris Pertama KBRI Budhi Prihantoro ketika dihubungi via telepon kemarin.

Sebelumnya beredar kabar bahwa buron Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kasus wisma atlet Palembang itu sudah ditangkap. Kabar ini terkait dengan pernyataan pemerintah dua hari lalu yang menyebutkan bahwa posisi Nazaruddin sudah dideteksi di negara yang namanya masih dirahasiakan. Jika kabar itu benar, Argentina ada dalam daftar negara yang mungkin jadi tempat persembunyian Nazaruddin.

Soalnya bekas anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat itu disebut-sebut melanglang buana sejak keluar dari Jakarta pada 23 Juni lalu. Suatu kali ia dikabarkan berada di Singapura. Pada kesempatan yang lain, seperti diungkapkan teman separtai Nazaruddin, Ahmad Mubarok, Nazaruddin berada di Argentina.

Pemerintah telah membantah kabar penangkapan itu. “Kata siapa?” ujar Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian RI Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam kemarin.

Menurut Anton, perburuan Nazaruddin masih diupayakan dengan memantau pergerakannya. Namun ia enggan menjelaskan lokasi Nazaruddin berada. “Wah, itu kami tidak bisa menyampaikan dulu,” katanya. Anton menambahkan, upaya pemulangan Nazaruddin memerlukan waktu lantaran tersangka berada di negara lain. “Jadi tenang saja. Kita tunggu saja hasilnya nanti.”

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar juga enggan membocorkan tempat di mana Nazaruddin terendus. Ia hanya menyatakan pihaknya sudah mengirim tim gabungan dari Direktorat Jenderal Imigrasi dan Mabes Polri ke lokasi itu kemarin.

“Agak sulit menyatakan dia (Nazaruddin) ada di mana. Kalau kita bilang ada di mana dan ia dengar, nanti kabur. Yang jelas, tim dari Mabes Polri dan Imigrasi hari ini jalan ke salah satu negara. Harapannya keberangkatan tim ini akan berakhir dengan penjemputan Nazaruddin,” ucap Patrialis di Makassar kemarin.

Dari Singapura, salah satu negara yang juga diduga menjadi tempat pelarian Nazaruddin, Kedutaan Besar Republik Indonesia menyatakan belum mengetahui soal penangkapan buron terkenal itu. “Biasanya kalau ada penangkapan akan ada pengumuman dari otoritas negara yang bersangkutan. Sampai saat ini belum ada informasi terbaru,” ujar Emil Heri Dewantara, Sekretaris Ketiga KBRI di Singapura, saat dihubungi kemarin.

TempoInteraktif




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: