Diminta Pulang SBY, Ini Jawaban Nazaruddin

M. Nazaruddin. TEMPO/ Edi Wahyono

Bagaimana sikap mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mendengar himbauan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat agar dirinya pulang ke tanah air? ” Saya akan ikuti perintah Beliau, Pak SBY” kata Nazaruddin dalam pesan singkatnya kepada Tempo yang menghubunginya, Jumat 22 Juli 2011 malam.

 

Meski begitu, politisi Partai Demokrat ini mengajukan syarat. Yakni, orang-orang yang dia tuding terlibat dalam kasus ini, harus segera diusut Komisi Pemberantasan Korupsi. ” Setelah orang yang bersalah sebenarnya dan bos yang atur ini proyek ditetapkan sebagai tersangka sama KPK” kata Nazaruddin. Ketika ditanya siapa ‘bos’ yang mengatur proyek itu, Nazaruddin menyebut. ” Itu Anas. Saya baru percaya hukum KPK,” kata Nazar.

Siang tadi, di halaman Istana Kepresidenan, Presiden SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat meminta Nazaruddin menyerahkan kepadanya semua informasi yang dimiliki tentang persoalan internal partai itu. SBY juga Nazaruddin pulang ke tanah air untuk menghadapi proses hukum, dibanding menyebar informasi yang belum dapat diuji kebenarannya di berbagai media massa.

Menurut SBY, tudingan Nazaruddin dalam pelariannya telah membuat keresahan dan menimbulkan saling curiga. “Kembalilah Nazaruddin ke Indonesia, ke Tanah Air, kembalilah,” kata SBY. “Sulit bagi kita ketika kita semua tidak tahu di mana Nazaruddin berada, dengan siapa yang bersangkutan, apa saja yang dilakukan selama ini, komunikasi internalnya dengan siapa.”

SBY meminta Nazaruddin juga menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani proses hukum. KPK, kata dia, akan kesulitan memproses kasus ini jika Nazaruddin tidak kembali. “Silakan dijelaskan semua sangkaan dan tuduhan itu karena proses hukum akan berjalan secara transparan dan akuntabel,” katanya.

Nazar ngotot, penonaktifan Anas adalah salah satu syarat yang diajukan. Ia menilai syarat itu adalah solusi terbaik guna menyelamatkan wajah partai. “Secara pribadi jangan nanti merusak citra partai Demokrat dan mengganggu stabilitas pemerintahan. Itu yg terbaik harus di lakukan pak SBY,” ujarnya.

 

TempoInteraktif.com




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: