Presiden Kritik Sumber Berita BBM di Media

Susilo Bambang Yudhoyono. REUTERS/Issei Kato

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempermasalahkan beberapa tindakan media massa dalam pemberitaan seputar kasus Nazaruddin. “Saya rasakan sifatnya sudah terlampau jauh, mencerminkan politik yang tidak sehat,” ujarnya dalam pidatonya sebagai Ketua Dewan Pembina Demokrat di Cikeas, malam ini, Senin, 11 Juli 2011.

Dua dari empat poin pidato Presiden Senin malam ini, khusus mengkritik media massa. Yang pertama adalah pemberitaan seputar kasus eks bendahara umum Partai Demokrat, Nazaruddin, yang hanya bersumber dari SMS dan BBM yang menurutnya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Saya tidak pernah paham dan tidak masuk logika saya. Berita yang hanya bersumber dari SMS dan BBM, dijadikan judul besar dan headline pemberitaan,” ujarnya. Hal ini, menurut dia, merupakan perilaku politik yang tidak mencerdaskan kehidupan bangsa. “

Poin kedua untuk media merupakan sanggahan atas kabar yang menyebutkan bahwa akan diadakan Kongres Luar Biasa dan juga usulan mengenai penggantian Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. “Muncul berita yang tidak tahu dari mana, kelihatan sekali ingin memecah belah Partai Demokrat,” katanya.

SBY juga membantah kabar yang beredar mengenai percobaan penggulingan dirinya sebagai Ketua Dewan Pembina oleh Anas Urbaningrum dan kekebalan hukum yang dimiliki kerabatnya. Lagi-lagi menurutnya ini merupakan upaya memecah belah partai Demokrat dan merupakan intrik politik yang tidak bertanggung jawab. “Saya sungguh prihatin negara kita jadi seperti ini,” katanya.

Dalam pidatonya ia juga menambahkan beberapa pesan untuk kader-kader Partai Demokrat. “Saya berpesan dan berharap agar kader demokrat di tanah air tetap sabar dan tawakkal, jangan teradu-domba, mau dipecah belah dalam acara talk show dan berita oleh sebagian kalangan pers,” katanya.

Soal pesan BlackBerry Messenger seperti yang dikeluhkan Yudhoyono, Tempo juga mendapatkan pesan dari Nazaruddin. Pesan-pesan lewat telepon dan Blackberry Messenger itu tak langsung dimuat, tapi dilakukan verifikasi. Saat ditunjukkan pesan-pesan Nazaruddin, sejumlah kolega Nazaruddin di DPR, seperti Benny K. Harman, mengakui kesahihan nomor telepon dan nomor PIN Blackberry Messenger. Nomor-nomor itu milik Nazaruddin. Bahkan, Tempo juga berhasil melakukan wawancara via telepon.

Tempointeraktif




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: