Nazaruddin Ungkap Politik Uang Anas

M. Nazaruddin, Anas Urbaningrum, dan Andi Alfian Mallarangeng. TEMPO/ Edi Wahyono

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, mengungkapkan politik main uang yang diduga dilakukan oleh Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum. Praktek ini diperkirakan terjadi dalam kongres Partai Demokrat di Bandung tahun lalu yang dimenangi oleh Anas. “Semua DPC (pengurus cabang) saya kasih duit untuk memenangkan Anas. Ada yang terima US$ 10 ribu sampai US$ 40 ribu,” kata Nazaruddin dalam wawancara lewat telepon dengan Majalah Tempo yang terbit hari ini.

“Jangan kaget, biaya untuk memenangkan Anas waktu itu sekitar US$ 20 juta (sekitar Rp 170 miliar),” kata Nazaruddin. Dia juga mengatakan sebagian biaya politik Anas berasal dari PT Anugrah. Dari perusahaan yang sama, “Saya dengar Januari lalu dia masih ambil US$ 1 juta dan Maret juga minta ke Yulianis US$ 1 juta,” ujarnya.

Menurut Nazaruddin, jika tidak ada PT Anugrah, Anas tidak akan menang dalam pertarungan merebut kursi Ketua Umum Partai Demokrat. Tempo berkali-kali menghubungi Anas, tapi tidak mendapat respons. Sebelumnya, kepada Majalah Tempo, Anas membantah tuduhan Nazar. “Justru ada yang bilang dia (Nazar) mendapat untung dari kongres,” katanya.

TempoInteraktif




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: