Moratorium PNS Tunggu Grand Design

Pemerintah tampaknya sangat serius untuk menekan jumlah PNS yang mayoritas kurang produktif dan hanya membuang-buang anggaran negara. Setelah wacana pensiun dini di Kemenkeu, pemerintah juga mengkaji soal moratorium atau penghentian sementara perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, soal moratorium PNS ini bakal dibahas dalam rancangan besar (grand design) rencana pemerintah.

“Moratorium PNS itu sambil menunggu grand design. Jadi kita tahu seperti apa perbandingan rasio penduduk dan rasio anggaran. Itu urusan Menpan dan Mendagri. Jadi saya merasakan terjadi mismatch,” kata Hatta saat ditemui di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/7/2011).

Soal mismatch ini, lanjut Hatta, karena pemerintah masih sangat kurang pejabat-pejabat teknis yang memiliki keahlian tertentu. Tapi ada bagian yang justru kelebihan jumlah pegawai.

Hatta berharap grand design yang sedang dikaji pemerintah bakal segera berjalan. Sebab banyak pegawai non produktif yang justru menghabiskan anggaran negara.

Di daerah, saat ini sudah banyak yang mengalami defisit anggaran. Ini terjadi karena beberpaa daerah harus menanggung ongkos karyawan yang sangat besar.

“Ada yang mengatakan bahwa sebagian besar dana APBD itu habis untuk aparatur. Nah memang terjadi yah, hari ini kita membaca Tasikmalaya mengalami defisit,” jelas Hatta

Dikatakan Hatta, seharusnya anggaran tidak dihabiskan untuk membayar pegawai yang justru kurang produktif. “Kalau pejabat daerah itu memiliki wawasan, dia akan membangun jalan, pelabuhan,” imbuh Hatta.

Karena itu pemerintah saat ini mendesain soal anggaran yang ideal untuk infrastruktur dan gaji pegawai.

 

detik.com




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: