Agus Marto Tutup 6900 Rekening Liar Senilai Rp 7 Triliun

Vivanews.com

Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kemenkeu Sonny Loho saat ditemui di DPR, Jakarta, Senin (11/7/2011).

“Yang diteliti sih ada 34.000, sekitar 6900 rekening sudah ditutup dan total negara itu sudah 7 triliun. Itu kumulatif selama tim rekening dibentuk dari 2007 akhir,” ungkapnya.

Menurut Sonny, temuan tersebut berdasarkan dari berbagai pihak, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun bank-bank.

“Dia kan ketemu kita identifikasi berapa banyak yang ada, terus yang nggak jelas ada yang laporan dari BPK, dari bank segala macam, kok ini ada rekening yang namanya pemerintah segala macam terus kita kejar. Ini rekening apa, kalau nggak jelas entah pejabat lama atau uang dari rakyat nggak disetor kita tutup,” jelasnya.

Sonny menyebutkan kebanyakan dari rekening tersebut merupakan hak negara yang bisa dijadikan penerimaan negara. Misalnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang tak disetor, dan beberapa uang lainnya yang bisa masuk penerimaan negara.

“Uang pungutan dari rakyat, setoran dari apa, kayak yang dulu di depdagri kayak yang upah pungut dia kan udah ditutup disetor Rp 90 miliar lebih dimasukan kas negara. Sebagian tidak, sebagian masuk ke kas negara, karena ternyata itu punya pensiunnya pegawai karena begitu dia jelas kan namanya nama kementerian terus dikembalikan. Tapi yang urusan dari rakyat semua sudah ditutup tapi belum tuntas,” pungkasnya.

detik.com




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: