DPR Minta Densus 88 Bertanggung-jawab Atas Jatuhnya Korban Sipil

Anggota Komisi Hukum, HAM dan Keamanan DPR RI, Eva Kusuma Sundari menyatakan harus ada pertanggungjawaban dari Densus 88 Anti Teror atas jatuhnya korban warga sipil dalam aksi koboi di Sukoharjo tadi malam. “Jatuhnya korban sipil merupakan ekses dari ketidaksempurnaan perencanaan penyergapan. Harus ada yang bertanggungjawab di tim penyergap,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Tempo, Sabtu 14 Mei 2011.

Sekitar pukul 01.30 tadi malam, Densus 88 Anti Teror terlibat aksi baku tembak dengan dua orang tersangka teroris Sigit Qordhowi dan Hendro Yunianto di Jalan Palagan Tentara Pelajar, tepatnya di Dusun Dukuh RT 2/RW III, Desa Sanggrahan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Pelaku yang masuk ke Gang Kantil kemudian dilumpuhkan Densus dan meregang nyawa di tempat kejadian. Namun, dalam aksi itu, seorang pedagang angkringan turut tewas terkena peluru nyasar. Polisi mengatakan, Nur Iman tewas setelah diterjang timah panas dari senjata api milik kedua teroris ini.

Eva pun menyesalkan jatuhnya korban warga sipil ini. Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini dalam penyergapan seharusnya Densus mengedepankan prinsip tanpa korban. “Walaupun ada SOP(Standar Operasional Prosedur)-nya, seharusnya ada prinsip least atau bahkan zero victims,” ujarnya. “Sehingga seharusnya dibuat prakondisi lebih dahulu. Sterilisasi dulu,” lanjut Eva.

Mengenai pertanggungjawaban, ia melihat pentingnya pertanggungjawaban harus dengan mekanisme yang transparan. “Bisa dilakukan mekanisme pertanggungjawaban secara internal tetapi tetap harus transparan,” ujarnya. Ia juga mengatakan, insiden ini akan menjadi salah satu bahasan Komisi III dengan Kapolri dalam rapat kerja rutin. “Sudah ada jadwalnya, tapi saya lupa kapan pastinya,” tuturnya.

TempoInteraktif




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: