Fakta Terbaru : Kerusakan Inti Reaktor Lebih Buruk Dari Dugaan Awal!

Operator PLTN Fukushima Daiichi yang mengalami kerusakan hebat akibat gempa dan tsunami 11 Maret 2011 lalu dan mengakibatkan kebocoran  radiasi yang hingga kini belum terkendali, baru-baru ini mengungkapkan fakta yang mengejutkan. Tokyo Electric Power Co menyatakan  inti-inti reaktor yang ada didalam kompleks PLTN Fukushima Daiichi mengalami kerusakan yang jauh lebih serius dari perkiraan semula, ini menjadikan upaya pemulihan fasilitas PLTN Fukushima mengalami kemunduran.

Batang-batang bahan bakar nuklir di reaktor No.1 ternyata telah terekspos sepenuhnya, dengan level air setinggi 1 meter atau 3,3 kaki di bagian dasar batang-batang bahan bakar, demikian diungkapkan oleh Juichi Matsumoto, seorang General Manager  di PLTN Fukushima. Bahan bakar nuklir yang meleleh telah jatuh  ke bagian dasar bejana bertekanan dan masih terus didinginkan, ujar Matsumoto.

Jepang kini terus berupaya untuk  membendung terjadinya bencana nuklir terburuk yang mungkin terjadi sejak bencana nuklir terburuk yang pernah terjadi di Chernobyl. Sementara itu pihak berwenang sebelumnya menduga telah terjadi pelelehan secara parsial pada reaktor unit 1, level-level radiasi tingkat tinggi telah menghambat para pekerja memasuki ke bangunan reaktor, memeriksa kerusakan, hingga akhirnya dapat masuk pada minggu lalu.

“Apa yang terjadi saat ini berangkali akan membuat usaha pembersihan menjadi jauh lebih sulit untuk dilakukan dari rencana pelaksanaan awal,” ujar Paul Padley, seorang pakar Fisika Partikel di Rice University Houston. Pemerintah dan Tepco “secara konsisten memperlihatkan sikap meremehkan  betapa bahayanya situasi.”

Tidak ada bahaya baru yang diakibatkan oleh ledakan baru seperti ledakan awal yang menghancurkan atap bangunan reaktor pada Maret lalu, ujar Matsumoto dalam sebuah briefing. Ledakan itu disebabkan oleh rendahnya pasokan air yang berarti tidak air bagi metal bersalutkan Zirkonium yang membungkus uranium sehingga menciptakan awan-awan hidrogen bertekanan tinggi, jelas BlomQuist, Kepala Engineer nuklit di U.S Energy Department di  National Laboartory- Argonne  yang berlokasi dekat Chicago.

DITEMUKANNYA LOBANG-LOBANG

Batang-batang bahan bakar  berada dibawah permukaan untuk mencegah terjadinya “overheating” yang dapat meretakan pelindung uranium dan melepaskan radiasi, ujar Blomquistm yang menjadi pengawas nuklit di Argonee, sebuah pusat riset federal yang dikelola oleh University  of Chicago, tempat lahirnya industri atomik.

Ini adalah keadaan yang ingin dihindari oleh semua operator reaktor nuklir,” ujarnya melalui telepon.

Lubang-lubang belum lama ini telah ditemukan  di di dasar tabung bejana bertekanan, dan nampaknya hampir semua batang bahan bakar nukir telah meleleh, sebagaimana dinyatakan Kantor berita Kyodo  kemarin. Sangat mungkin bahan bakar nuklir telah bocor ke dalam Containment Vessel, yang telah mengalami kerusaka akibat ledakan, ungkap laporan Kyodo.

Membanjiri ruangan-ruangan dengan air adalah salah satu dari rangkaian langkah yang dirancang oleh Tepco pada April lalu untuk meredakan krisis.

“Kini rencana tersebut harus kembali ditinjau,” ujar Matsumoto.”Kita tidak dapat menyangkal kemungkinan bahwa sebuah lubang dalam bejana bertekanan dapat mengakibatkan kebocoran air yang mengandung radio aktif.

TEPCO sendiri tak mengetahui berapa lama batang-batang bahan bakar nuklir itu telah terekspos ke udara terbuka, Tepco dalam penjelasannya menayatakan sangat mungkin batang-batang bahan bakar nuklir itu telah terekspos ke udara terbuka sejak awal bencana melanda, jelas Blomquist.

Kompleks PLTN Fukushima Daiichi yang memiliki 6 reaktor, adalah terbesar ketiga dalam kapasitasm telah mengeluarkan radiasi sejak 11 Maret 2011 dan derajat bahaya bencana telah dinaikan menjadi setara dengan bencana Chernobyl, sejak hampir satu bulan lalu. PLTN ini berjarak 220 km dari Utara Tokyo.

Martin Simamora – Plaza eGov| Bloomberg




    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: